Home SEMNAS TEMPE DAN PRODUK KEDELAI 2017

Data Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini131
mod_vvisit_counterper Hari445
mod_vvisit_counterper Minggu576
mod_vvisit_counterper Bulan8253
mod_vvisit_counterSeluruhnya507276

Berita Terkini

Dear all, Materi Presentasi Diskusi Penyakit Tidak Menular PERGIZI PANGAN Indonesia dan Unilever Indonesia dapat diunduh di link ini. Rega...

Read more
 

Jurnal Terkini

Jurnal Gizi dan Pangan merupakan publikasi resmi PERGIZI PANGAN Indonesia yang bekerjasama dengan Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas E...

Read more
SEMINAR NASIONAL PELUANG PENGEMBANGAN TEMPE DAN PRODUK KEDELAI BAGI INDUSTRI PANGAN DAN FARMASI MASA KINI DAN NANTI PDF Print E-mail
User Rating: / 3
PoorBest 

SEMINAR NASIONAL PELUANG PENGEMBANGAN TEMPE DAN PRODUK KEDELAI BAGI INDUSTRI PANGAN DAN FARMASI MASA KINI DAN NANTI

Bogor, 27 April 2017


 

Latar Belakang

Tempe merupakan salah satu makanan tradisional dan warisan budaya bangsa Indonesia yang sangat populer. Kepopuleran tempe tersebut ditunjang oleh harganya yang relatif murah, rasanya enak, kandungan gizinya lengkap, memiliki potensi manfaat kesehatan, dan mudah diolah menjadi berbagai hidangan makanan. Dengan kepopuleran tersebut tempe berpotensi untuk diperkenalkan di kancah internasional.

Jumlah unit usaha tempe di Indonesia diperkirakan mencapai 95.000 unit usaha dan sebagian besar berasal dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Tempe yang diproduksi oleh UMKM pada saat ini, masih memiliki banyak hal yang perlu ditingkatkan,baik dari sisi kualitas, proses produksi, maupun penanganan pasca produksi; mengingat proses produksi tempe oleh UMKM umumnya kurang menerapkan standar keamanan pangan. Salah satu alasan pengrajin tempe yang tidak menerapkan standar keamanan pangan adalah kurangnya pengetahuan pengrajin mengenai standar keamanan pangan. Hal ini menjadi tantangan terbesar untuk meningkatkan kepopuleran tempe dan kepercayaan masyarakat kepada UMKM tempe. Sehubungan dengan itu, Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (PERGIZI PANGAN) Indonesia bekerja sama dengan Forum Tempe Indonesia (FTI), Persatuan Ahli Gizi (Persagi) Bogor dan Ikatan Sarjana Gizi (ISAGI) Jawa Barat menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema ”Peluang Pengembangan Tempe dan Produk Kedelai Bagi Industri Pangan dan Farmasi Masa Kini dan Nanti”

 

Tujuan

Kegiatan ini bertujuan untuk :

1. Memberikan informasi mengenai pandangan peneliti Internasional mengenai tempe,

2. Memberikan infomasi mengenai perkembangan pengajuan tempe sebagai warisan budaya Indonesia ke UNESCO,

3. Memberikan informasi mengenai tempe dari segi mikrobiologi, dan

4. Memberikan informasi mengenai hasil studi tempe yang dilakukan di Indonesia.

 

Pembicara dan Peserta

Pembicara kegiatan ini terdiri dari organisasi nasional dan internasional, peneliti, akademisi dan industri. Adapun topik yang akan disampaikan adalah sebagai berikut,

Panel 1

  1. Prof. Dr. Made Astawan, MS/FTI : Peluang dan Tantangan Industri Tempe Indonesia untuk memasuki Pasar Global
  2. Prof. Dr. Ir. Antonius Suwanto, M.Sc/IPB : Bakteri pada Tempe dan Manfaatnya sebagai Bahan Pangan dan Nutraceuticals
  3. Dr. Drajat Martianto, MS/IPB : Analisis Situasi Industri Tempe Indonesia

 

Panel 2

  1. Mark Messina MD PhD/Executive Director Soy nutrition Institute/President Nutrition Matters – USA : Harnessing Soy Nutrition and Health Researches- Implications for Consumer Awareness,  Food and Pharmaceutical Industries
  2. Private Sector : Peluang Pengembangan Tempe dan Produk Kedelai oleh Industri Pangan
  3. Private Sector : Peluang Pengembangan Tempe dan Produk Kedelai oleh Industri Farmasi

 

Peserta kegiatan ini berasal dari berbagai stakeholder dengan berbagai latar belakang yang terdiri atas mahasiswa (S1/S2/S3), dosen, peneliti, industri pangan dan farmasi, pelaku usaha tempe, organisasai profesi dan pemerintah.

 

Pendaftaran Peserta dan Call fo Abstract

Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (PERGIZI PANGAN) Indonesia bekerja sama dengan Forum Tempe Indonesia (FTI), Persatuan Ahli Gizi (PERSAGI) Bogor dan Ikatan Sarjana Gizi (ISAGI) Jawa Barat, pada hari Kamis, Tanggal 27 April 2017 di IPB International Convention Center (IICC), Botani Square, Bogor, dengan ini kami mengundang bapak atau ibu memasukkan abstract untuk presentasi oral di kegiatan seminar tersebut. Presentasi oral terdiri dari tiga panel dengan sub Tema sebagai berikut:

A. Penelitian terkini tentang produk, mutu serta manfaat kedelai dan produk olahanya

B. Penelitian terkini tentang produk, mutu serta manfaat kacang-kacangan (non-kedelai) dan produk olahanya

Abstract ditulis dengan format sebagai berikut: Topik (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris), Nama Penulis dan Lembaga serta alamat email korespondensi, keyword (maksimal 5 kata). Abstrak maksimal 300 kata dengan format justify dan font cambria 9. Abstract mencakup Judul, Pendahuluan (termasuk tujuan), Metode, Hasil dan, Kesimpulan. Nama dan lembaga serta alamat email dan HP, huruf kecil (capitalize each word), dan dicenter dengan font cambria 10.

Apabila bapak atau ibu bersedia mengikuti kegiatan presentasi oral tersbut, silahkan kirimkan abstrak paling lambat tanggal 24 April 2017 via email ke email This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it . Panitia berhak menyeleksi dengan mempertimbangkan kualitas makalah dan relevansi dengan Sub Tema.

Informasi tentang penerimaan makalah dan jadwal presentasi akan diemailkan tanggal 25 April 2017. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di web pergizi.org dan dapat ditanyakan langsung ke Ibnu Malkan BI (085649190409) atau via email: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it . Biaya registrasi dapat dikirim ke rekening Bank BNI 0290031536, Kampus IPB Dramaga an PERGIZI PANGAN dan bukti pembayaran dikirm melalui email This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it .

 

Pendaftaran Peserta isi form berikut : bit.ly/seminartempe.

 

Waktu dan Tempat

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 27 April 2017 di Gedung IPB International Convention Center, Botani Square lantai 2, Jl. Raya Padjajaran, Bogor Jawa Barat.

 

Bentuk Kegiatan

Bentuk kegiatan seminar ini berupa penyampaian materi dan diskusi. Dalam penyampaian materi dan diskusi dibagi ke dalam beberapa sesi, dimana sesi 1 disampaikan oleh dosen dan peneliti Indonesia, sesi 2 disampaikan oleh peneliti Internasional dan Industri, sesi 3 disampaikan oleh peserta seminar yang dibagi dalam 3 panel. Susunan acara secara lengkap terlampir.


Penyelanggara

Kegiatan ini diselanggarakan oleh Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (PERGIZI PANGAN) Indonesia bekerja sama dengan Forum Tempe Indonesia (FTI), Persatuan Ahli Gizi (PERSAGI) Bogor dan Ikatan Sarjana Gizi (ISAGI) Jawa Barat. Contact Person panitia adalah Ibnu Malkan Bakhrul Ilmi, S.Gz, M.Si (085649190409), email: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it . Telephone (0251) 8628304.